Tips mengelola amarah bagi anda

Jika seseorang jalan di depan anda, apakah anda akan meluapkan amarah? Berikut beberapa tips yang mungkin membantu anda agar dapat mengendalikan agresi, frustasi dan kemarahan.

Kemarahan dapat mengancam hubungan Anda dengan orang lain, karir Anda, kebahagiaan dan kesehatan fisik Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa isu-isu yang belum terselesaikan dalam kemarahan dapat menyebabkan kecemasan dan depresi, serta berbagai masalah kesehatan termasuk komplikasi jantung, tekanan darah tinggi, sakit kepala dan masalah pencernaan.

Pria sangat rentan terhadap kemarahan dan harus berurusan dengan konsekuensi yang tidak menyenangkan. Studi menunjukkan bahwa pria dengan masalah kemarahan kronis adalah enam kali lebih mungkin untuk menderita serangan jantung pada saat mencapai 50.

Manajemen kemarahan melibatkan upaya sadar untuk belajar mengenali perasaan agresi, mengidentifikasi penyebabnya dengan cara yang sehat.

Melakukan hal itu adalah keterampilan yang Anda butuhkan untuk belajar dan bekerja pada melalui praktek yang terus menerus. Kami memiliki beberapa saran untuk membantu Anda memulai.

Ambil nafas dalam-dalam

Seringkali Anda tidak bisa pergi begitu saja dari penyebab kemarahan Anda, tetapi Anda dapat memperlambat segalanya dan mengambil waktu sejenak untuk menenangkan diri. Tarik napas dalam-dalam dan rasakan efek menenangkan seperti aliran udara masuk dan keluar dari dada Anda. Cobalah untuk mengulang kata “rileks”, “tenang saja” – sampai kemarahan anda mereda. Anda mungkin ingin berlatih teknik menenangkan lainnya seperti menghitung mundur dari 100.

Lihat dari sudut pandang lainnya

Cobalah untuk melihat masalah dari sudut pandang orang lain. Hal ini dapat membantu anda memahami, menenangkan anda dan membantu anda dalam mencari solusi damai untuk masalah yang menyebalkan. Sementara itu, perhatikan perilaku anda sendiri dan belajar untuk menertawakan situasi lucu.

Katakan saja

Terlalu sering kita berurusan dengan hal-hal yang membuat kita marah. Jangan biarkan hal seperti ini terjadi. Utarakan tentang perasaan anda sebelum mereka mencapai tingkat yang tidak terkendali. Bicarakan dengan pasangan, anggota keluarga atau teman yang paling anda percaya. Anda akan menemukan bahwa berbicara secara terbuka tentang frustrasi Anda tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih baik, namun akan memungkinkan orang lain yang peduli tentang Anda untuk memberikan dukungan mereka dan membantu Anda mendapatkan solusi.

Berolahraga

Para ilmuwan telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa olahraga dapat membantu untuk mengurangi suasana hati yang marah. Kemarahan dan agresi berhubungan dengan rendahnya tingkat serotonin kimia menenangkan tubuh, sedangkan olahraga cenderung meningkatkan kadar serotonin di otak. Bahkan jika itu hanya berperan sebagao pengalih perhatian anda, berlari, berenang, atau sesi yoga dapat membantu Anda bersantai dan melepaskan kemarahan.

Manfaatkan kemarahan anda

Hidupkan kemarahan anda menjadi energi positif! Ketika Anda merasa marah dalam diri Anda mencapai tingkat krisis, pergi dan memotong beberapa kayu api, cat pintu garasi atau menanam pohon di kebun Anda. Sementara Anda melakukannya, belajar bagaimana untuk secara sadar mengesampingkan emosi marah Anda sampai Anda dapat menangani situasi dengan lebih rasional. Sadari bahwa Anda mungkin benar-benar bersalah, cobalah untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain dan siap untuk mencapai solusi kompromi.

Mencari bantuan profesional

Cobalah untuk mencari bantuan profesional seperti psikolog. Psikolog dan praktisi kesehatan mental lainnya akan dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi alasan yang mendasari untuk emosi marah Anda, baik dalam satu-satu sesi atau dalam pertemuan kelompok, dan mereka akan memudahkan Anda dalam upaya Anda untuk mengeksplorasi manajemen kemarahan yang tepat.

Beberapa buku yang berguna tentang manajemen kemarahan:

• Letting Go of Anger -The Eleven Most Common Anger Styles & What to Do about Them by Ronald T. Potter-Efron and Patricia S. Potter-Efron

• Anger Management for Dummies by W. Doyle Gentry

• No More Anger! Be Your Own Anger Management Coach by Gladeana McMahon

• Anger Management for Everyone – Seven Proven Ways to Control Anger and Live a Happier Life by Raymond Chip Tafrate and Howard Kassinove

• The Surprising Purpose of Anger – Beyond Anger Management by Marshall B. Rosenberg

(Andrew Luyt, Health24, August 2011)

Sumber : http://www.health24.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s