Tips untuk memiliki Kulit yang Sehat

Kulit adalah organ terbesar yang ada di tubuh kita. Terbuat dari 3 lapisan, kulit terdiri dari saraf, pembuluh darah, folikel rambut, kelenjar dan jaringan lemak. Fungsi kulit adalah untuk melindungi tubuh dari unsur-unsur lingkungan, luka-luka dan perilaku yang dapat berpotensi berbahaya. Kulit yang sehat adalah hasil dari diet yang tepat, olahraga, pengendalian stres, perawatan kulit yang baik dan menghindari perilaku negatif.

1. Menjalani program diet yang seimbang dan rendah lemak, tinggi oksidan, mengandung asam lemak esensial dan biji-bijian.

– Nutrisi mempertahankan warna kulit, kelancaran dan mencegah masalah kulit.
– Antioksidan yang ditemukan dalam plum, blueberry, plum, pecan dan stroberi melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.
– Asam lemak esensial menjaga jaringan kulit yang sehat.
– Asupan air harian penting untuk melembabkan dan detoksifikasi kulit selain menstimulasi sirkulasi.


2. Hindari sinar matahari pada saat terik. Sinar ultraviolet (UV) dapat merusak kulit bila terkena untuk waktu yang lama. Sinar UV sering menyebabkan kulit terbakar dan dapat menyebabkan kanker kulit.

– Oleskan tabir surya sebelum pergi ke luar untuk melindungi kulit.
– Memakai topi untuk melindungi leher, telinga dan wajah.
– Periksa kulit secara teratur, dari kepala sampai kaki, perubahan kulit seperti pertumbuhan, tahi lalat dan perubahan warna dan tekstur.


3. Membersihkan kulit setiap hari. mandi setiap hari dan membersihkan wajah di pagi hari dan malam hari membantu untuk melawan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Sabun dan air hangat sudah cukup untuk membersihkan tanpa mengiritasi atau mengeringkan kulit.

– Gunakan pembersih pelembab yang bebas dari bahan kimia, pengawet dan wewangian.
– Untuk kulit yang sehat, mandi dengan jangka waktu 10 menit. Mandi yang terlalu lama dapat menyebabkan iritasi kulit.
– Gunakan handuk kering untuk mengeringkan kulit sebelum menggunakan pelembab.


4. Gunakan pelembab yang tepat. Pelembab yang mengandung gliserin, minyak mineral, dan petrolatum mengandung air minimal untuk melindungi terhadap hilangnya kelembaban di kelembaban rendah. Menerapkan pelembab dalam hitungan menit setelah mandi membantu kelembaban perangkap di kulit.

– Gunakan lotion atau krim untuk melembabkan kulit secara alami.


5. Hindari stres untuk mengurangi resiko gatal-gatal, eksim yang terkait dengan stres dan kondisi kulit lainnya. menghindari stres juga dapat mengurangi kebiasaan seperti menggigit kuku.


6. Berhenti merokok untuk mengurangi terkena kanker bibir dan perubahan warna kulit akibat kehilangan oksigen. Selainitu, merokok dapat menyebabkan penuaan dini seperti keriput dan garis pada sekitar mulut.

Tips

– Oleskan tabir surya untuk menghalangi sinar UVA dan UVB selama musim apapun. Kedua jenis sinar ultraviolet merupakan faktor yang berkontribusi terhadap kanker kulit dan penuaan dini.

Sumber : WikiHow

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s