menu makanan sehat untuk tubuh

Tips Membuat Menu Makanan Sehat

Mendapatkan makanan sehat tidak harus mahal dan repot dalam mempersiapkannya. Ternyata, membuat menu makanan sehat cukup mudah. Tidak perlu mengolah susah-susah, terkadang cukup direbus, dikukus atau dibakar saja, makanan sehat bisa dinikmati. Hal ini memungkinkan setiap ibu dalam rumah tangga untuk meninggalkan makanan yang kurang sehat. Untuk dapat mengolah bahan-bahan mentah menjadi menu makanan yang enak dan sehat, seseorang harus mengetahui bahan yang akan digunakan ketika memasak. Dengan demikian, dapat diolah dengan tepat dan bisa divariasikan sesuai selera tanpa harus mengurangi kadar keamanan dalam makanan. Mengenal masing-masing kriteria dari bahan makanan akan membantu seseorang untuk bisa mneyimpannya dengan baik.

Baca Juga : Jadikan berenang sebagai bagian dari gaya hidup

Persiapan yang Dibutuhkan

Mempersiapkan bahan makanan merupakan langkah pertama yang dibutuhkan ketika akan mengolah makanan yang sehat. Ketika menyiapkan, pastikan semua peralatan yang digunakan untuk memasak benar-benar bersih dan sudah dicuci. Baik buah, bumbu maupun sayuran yang akan diolah harus dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan sabun pencuci buah. Baru setelah itu dipotong-potong . jika menggunakan beberapa bahan seperti tepung, soda kue dan semacamnya pastikan anda menakar sesuai dengan ukuran yang ada dalam resep. Pilihlah bahan-bahan yang tanggal kadaluarsanya masih jauh. Sebaiknya hindari menggoreng bahan makanan, tetapi kalau terpaksa, gunakan tisu yang berkualitas untuk menyerap minyak yang masih menempel pada gorengan.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan saat Memasak

Setelah persiapan, pengolahan makanan juga perlu diperhatikan. Usahakan untuk mengolah makanan dengan cara direbus, dikukus, dibakar daripada digoreng karena minyak yang digunakan untuk menggoreng biasanya banyak mengandung kolesterol dan bahan berbahaya lainnya. Jika ingin menggoreng, gunakan minyak zaitun atau olive oil agar lebih sehat. Ketika memasak sayuran, usahakan jangan lama-lama merebus karena bisa menyebabkan hilangnya vitamin dan nutrisi yang ada dalam sayuran. Untuk menghindari hal ini, setelah merebus sayuran sebaiknya masukan sayuran yang masih panas ke dalam air dingin untuk mencegah proses pematangan yang masih berlanjut. Agar menu makanan sehat yang anda sajikan terasa lebih nikmat, gunakan penyedap makanan Royco yang tersedia dalam 2 rasa yaitu rasa ayam dan rasa sapi.

Sumber gambar : samishare.com

Advertisements